Sabtu, 08 September 2012

BIOS (Basic Input / Output System)

Setiap kompiter pasti punya BIOS (Basic Input / Output System) merupakan instruksi perangkat elektronik yang digunakan komputer untuk memulai sistem beroperasi. BIOS terletak pada chip di dalam komputer dan dirancang secara khusus untuk melakukan operasi awal sebuah komputer. Alat ini sangat penting, karena nafas awal komputer ada disini.
Fungsi  utama  BIOS  adalah  untuk  memberikan  instruksi  untuk  Power-on  self  test (POST). Tes  untuk memastikan  bahwa  komputer memiliki  semua  bagian  yang  diperlukan  dan fungsi  yang  dibutuhkan  untuk  mulai  beroperasi  adalah  baik,  seperti  penggunaan  memori,keyboard  dan  bagian  lainnya.  Jika  ada  kesalahan  yang  terdeteksi  pada  saat  tes,  maka  BIOS memerintahkan komputer untuk memberikan kode yang mengungkapkan masalah tersebut. Kode Kesalahan biasanya serangkaian beep terdengar lama setelah startup.
BIOS  juga  bekerja  untuk  memberikan  komputer  informasi  dasar  tentang  bagaimana berinteraksi dengan beberapa komponen penting, seperti drive dan memori, yang akan memuat sistem  operasi. Setelah  petunjuk  dasar  telah  dimuat  dan  self-test  telah  sukses,  komputer  dapat melanjutkan dengan memuat sistem operasi dari salah satu drive terpasang.
Pengguna komputer sering dapat membuat pengaturan  BIOS melalui  layar konfigurasi pada komputer. Layar  setup biasanya diakses dengan urutan  tombol khusus pada  saat pertama startup.  Layar  setup  ini  sering  memungkinkan  pengguna  untuk  mengubah  urutan  drive  yang diakses  saat  startup  dan mengontrol  fungsi  dari  sejumlah  perangkat  kritis.  Fitur  ini  bervariasi  antara versi BIOS tertentu, tergantung pada produsen Motherboard.
Banyak  produsen  PC  saat  ini  menggunakan  kartu  memori  flash  untuk  menyimpan informasi  BIOS.  Hal  ini  memungkinkan  pengguna  untuk  memperbarui  versi  BIOS  pada komputer  setelah  vendor  merilis  update.  Sistem  ini  dirancang  untuk  memecahkan  masalah dengan BIOS  yang  asli  atau  untuk menambahkan  fungsi  baru. Pengguna  dapat  secara  berkala.

Apa itu BIOS? Setiap kompiter pasti punya BIOS (Basic Input / Output System) merupakan instruksi perangkat elektronik yang digunakan komputer untuk memulai sistem beroperasi. BIOS terletak pada chip di dalam komputer dan dirancang secara khusus untuk melakukan operasi awal sebuah komputer. Alat ini sangat penting, karena nafas awal komputer ada disini.
Fungsi utama BIOS adalah untuk memberikan instruksi untuk Power-on self test (POST). Tes untuk memastikan bahwa komputer memiliki semua bagian yang diperlukan dan fungsi yang dibutuhkan untuk mulai beroperasi adalah baik, seperti penggunaan memori, keyboard dan bagian lainnya. Jika ada kesalahan yang terdeteksi pada saat tes, maka BIOS memerintahkan komputer untuk memberikan kode yang mengungkapkan masalah tersebut. Kode Kesalahan biasanya serangkaian beep terdengar lama setelah startup.
BIOS juga bekerja untuk memberikan komputer informasi dasar tentang bagaimana berinteraksi dengan beberapa komponen penting, seperti drive dan memori, yang akan memuat sistem operasi. Setelah petunjuk dasar telah dimuat dan self-test telah sukses, komputer dapat melanjutkan dengan memuat sistem operasi dari salah satu drive terpasang.
Pengguna komputer sering dapat membuat pengaturan  BIOS melalui layar konfigurasi pada komputer. Layar setup biasanya diakses dengan urutan tombol khusus pada saat pertama startup. Layar setup ini sering memungkinkan pengguna untuk mengubah urutan drive yang diakses saat startup dan mengontrol fungsi dari sejumlah perangkat kritis. Fitur ini bervariasi antara versi BIOS tertentu, tergantung pada produsen Motherboard.
Banyak produsen PC saat ini menggunakan kartu memori flash untuk menyimpan informasi BIOS. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memperbarui versi BIOS pada komputer setelah vendor merilis update. Sistem ini dirancang untuk memecahkan masalah dengan BIOS yang asli atau untuk menambahkan fungsi baru. Pengguna dapat secara berkala memeriksa versi BIOS update, karena beberapa vendor merilis update selusin atau lebih selama seumur hidup produk. Untuk memeriksa BIOS update, pengguna dapat memeriksa situs web dari vendor perangkat keras bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar